KUNJUNGAN TIM VERIFIKASI LAYANAN KUNJUNGAN BERBASIS HAM DARI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM SUMATERA UTARA
Medan, 14 November 2018. Tim Verifikasi Layanan Kunjungan Berbasis HAM berkunjung ke Lapas Kelas I Medan. Tim yang beranggotakan Bapak Kepala Divisi Pelayanan Hukum Bapak Ardiansyah,  Kepala Bidang HAM Ibu Tety Winarty Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban Bapak Kriston Napitupulu.  Tim Verifikasi didampingi oleh Kalapas Kelas I Medan, Bapak Budi Situngkir meninjau bagaimana pelaksanaan Layanan Kunjungan berbasis HAM di Lapas Kelas Medan.
Layanan kunjungan yang ditinjau antara lain :  Pendaftaran Layanan Kunjungan yang sudah menggunakan Aplikasi Berbasis IT,  dimana pada layanan kunjungan di Lapas Kelas I Medan telah menggunakan Sistem Database Pemasyarakatan yang terintegrasi dengan Aplikasi Dukcapil untuk memverifikasi data pembesuk melalui E-KTP Reader. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan juga mendampingi Tim Verifikasi
 meninjau Jalur Khusus bagi Lansia dan Penyandang disabilitas. Jalur ini dipergunakan bagi  pembesuk yang berkebutuhan khusus sehingga lansia dan penyandang disabilitas dapat lebih nyaman dalam membesuk Warga Binaan.
Pada kesempatan ini, Tim Verifikasi juga meninjau Ruangan Berkunjung yang ramah anak dan ruangan khusus laktasi bagi ibu menyusui yang disediakan Lapas Kelas I Medan. Dengan disediakannya ruangan bermain bagi anak-anak, pengunjung merasa nyaman karena pengunjung yang mengunjungi Warga Binaan merasa tidak seperti  mengunjungi “Penjara” yang selama ini lekat dengan image seram dan mengerikan. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya antusiasme keluarga pembesuk menggunakan fasilitas ruang bermain anak ini. 
KUNJUNGAN TIM VERIFIKASI LAYANAN KUNJUNGAN BERBASIS HAM DARI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM SUMATERA UTARA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *