KUNJUNGAN MENTERI HUKUM DAN HAM BAPAK YASONNA LAOLY KE LAPAS KELAS I MEDAN

Medan, 17 November 2018. Menteri Hukum dan HAM RI, Bapak Yasonna Laoly berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan. Bapak Menteri Hukum dan HAM didamping Oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Bapak Priyadi. Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Sumatera Utara, Bapak Abdul Aris, dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan Bapak Budi Situngkir meninjau Layanan Kunjungan Berbasis HAM di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan.

Diawali dengan meninjau ruang pendaftaran, Bapak Yasonna Laoly disambut dengan sigap dan ramah oleh petugas lapas yang bergiliran melaksanakan piket kunjungan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Layanan kunjungan yang berbasis HAM ini juga telah didukung dengan pemanfaatan teknologi informasi dengan sumber daya manusia yang mumpuni, dimana pada saat pendaftaran pembesuk, sistem telah terintegrasi dengan aplikasi dukcapil untuk menscan E-KTP yang dibawa pembesuk.

 

Layanan pendaftaran ini juga merupakan salah satu fitur bawaan dari Sistem Database Pemasyarakatan untuk mempermudah dalam mengorganisir data data kunjungan narapidana. Selain itu, untuk mencegah terjadinya penumpukan pembesuk, Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan telah menyediakan Aplikasi Sistem Antrian sehingga masing masing pembesuk akan dipanggil sesuai dengan nomor antrian yang didapat.

Pada kesempatan ini Bapak Yasonna Laoly berbincang dengan pembesuk menanyakan mengenai bagaimana pelayanan kunjungan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan. Dengan pemanfaatan teknologi informasi ini, sangat dirasakan perubahan ke arah yang lebih baik untuk mewujudkan Pelayanan Prima kepada Masyarakat. Layanan Kunjungan Lapas Kelas I Medan juga telah dilengkapi dengan Tempat Penitipan Barang, Loker HP, dan Kotak Survey Kepuasan Pengunjung.

Rombongan melanjutkan kunjungan menuju Pintu Utama yang disambut sigap dengan laporan Petugas Pintu Utama (P2U) yang sedang bertugas yang kemudian dilanjutkan ke Ruang Besukan.

Di Ruang Besukan, Bapak Yasonna Laoly kembali menyempatkan berbincang dengan pembesuk dan Warga Binaan. Bapak Yassona Laoly juga memantau fasilitas yang disediakan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan bagi pembesuk seperti , Ruang Bermain Anak, Ruang Laktasi, Mushalla Pembesuk dan Jalur Khusus Lansia/Penyandang Disabilitas.

Pada Akhir Kunjungan, Bapak Yasonna Laoly berpesan agar kita senantiasa tetap siaga  dan tetap berkomitmen mewujudkan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat yang Berbasis HAM dan mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM)

KUNJUNGAN MENTERI HUKUM DAN HAM BAPAK YASONNA LAOLY KE LAPAS KELAS I MEDAN
Tagged on:                         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *