LANGKAH STRATEGIS PERCEPATAN PEMENUHAN HAK-HAK WARGA BINAAN : LAPAS KELAS I MEDAN LAKUKAN “GERAKAN JEMPUT BOLA”
Petugas Lapas Kelas I Medan, Ibu Rata Simanjuntak Merekapitulasi Warga Binaan Yang Sudah Dapat Diusulkan Hak Hak Integrasi


Medan, 06 Maret 2019.. Dalam rangka percepatan pemenuhan Hak Hak Warga Binaan sesuai dengan arahan dan perintah Kalapas Kelas I Medan, Bapak Budi. A Situngkir, Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan melaksanakan “GERAKAN JEMPUT BOLA”.  Gerakan Jemput Bola yang dimaksud  merupakan giat aktif petugas pemasyarakatan melayani  Warga Binaan dalam hal pemenuhan Hak-Hak Warga Binaan. 

Sesuai dengan amanat Undang Undang No. 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dalam hal pemenuhan Hak Hak Warga Binaan, seorang Petugas Pemasyarakatan tidak boleh Pasif menunggu Warga Binaan memohon agar haknya dipenuhi.  Tetapi Petugas Pemasyarakatan  dituntut harus mampu Aktif memenuhi Hak Hak Warga Binaan Tersebut.

Petugas Lapas Kelas I Medan, Bapak Frans Niel Sinaga Melakukan Pemasangan Nama Nama WBP Yang Sudah Dapat Diusulkan Hak Hak Integrasi di Papan Informasi

 

Gerakan Jemput Bola”  tersebut diawali dengan melakukan rekapitulasi pentahapan  agar dapat diketahui tanggal masa pidana Warga Binaan yang bersangkutan. Hal tersebut dilanjutkan dengan membuat pengumuman yang dipasang disetiap blok-blok hunian agar Warga Binaan yang namanya tercantum dapat datang mengambil Surat Pernyataan dan Jaminan Keluarga ke Seksi Bimbingan Kemasyarakatan.

Petugas Lapas Kelas I Medan, Bapak Frans Niel Sinaga Melakukan Pemanggilan Kepada Warga Binaan Yang Telah Memenuhi Persyaratan Pengusulan Hak Hak Warga Binaan


Untuk mengakomodir Warga Binaan yang tidak dapat membaca pengumuman dan mengantisipasi  ketidakpedulian Warga Binaan terhadap pengumuman yang dipasang,  Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan   juga melakukan langkah langkah antisipatif lain dengan melakukan  Pemanggilan Langsung kepada Warga Binaan melalui pengeras suara yang terhubung ke Blok-Blok Hunian  agar Warga Binaan yang telah memenuhi persyaratan untuk SEGERA datang ke Seksi Bimbingan Kemasyarakatan untuk diberikan  Surat Pernyataan dan Jaminan Keluarga sebagai salah satu syarat Pengusulan Hak-Hak Warga Binaan (PB, CB, CMB, Asimilasi)

Warga Binaan Menandatangani Buku Kontrol Rekapitulasi dan Menerima Surat Pernyataan dan Jaminan Keluarga

Tahap Akhir dari “Kegiatan Jemput Bola” tersebut adalah penyerahan Surat Pernyataan dan Jaminan Keluarga dari Petugas Seksi Bimkemas kepada Warga Binaan Pemasyarakatan yang tercatat di dalam buku rekapitulasi pemanggilan yang selanjutnya akan diusulkan Hak Hak nya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama yang Solid dari seluruh Petugas Pemasyarakatan Lapas Kelas I Medan khususnya Petugas Seksi Bimbingan Pemasyarakatan dibawah arahan Kepala Seksi Bimbingan Kemasyarakatan Bapak Dedi Agus Setiawan Batubara dan Kabid Pembinaan Narapidana Bapak Tapianus A. Barus.

 

(TIM HUMAS LAPAS KELAS I MEDAN)

#LapasKelas1Medan #Hebat #BukanKalengKaleng 

 

 

LANGKAH STRATEGIS PERCEPATAN PEMENUHAN HAK-HAK WARGA BINAAN : LAPAS KELAS I MEDAN LAKUKAN “GERAKAN JEMPUT BOLA”
Tagged on:                         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *