OMBUDSMAN RI TINJAU UJIAN NASIONAL BAGI WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN LAPAS KELAS I MEDAN

Medan, 12 April 2019 .. Komisi Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara tinjau langsung kegiatan  Ujian Nasional bagi Warga Binaan di Lapas Kelas I Medan. Ujian Nasional yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai tanggal 12 sampai dengan tanggal 15 April 2019 ini dikuti oleh 20 orang  Warga Binaan yang selama ini mengikuti kegiatan Kejar Paket C di Lapas Kelas I Medan.  Ujian Nasional ini sendiri merupakan lanjutan dari Ujian Sekolah Berstandard Nasional (USBN) yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 7 – 10 April 2019.

Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Medan melalui Sekolah Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar Kota Medan, Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan memfasilitasi Warga Binaan yang belum  menyelesaikan pendidikannya di luar Lapas untuk dapat mengikuti Program Penyetaraan Paket C. 

Melalui kerja sama tersebut, Warga Binaan di Lapas Kelas I Medan dapat aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar di PKBM Hebat sembari menjalani sisa masa pidana.

Ujian Nasional yang dilaksanakan di Lapas Kelas I Medan merupakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) yang berarti ujian yang dilaksanakan dengan menggunakan Pensil dan Lembar Jawaban Komputer (LJK) dengan metode multiple choice/ pilihan berganda yang akan diperiksa oleh Sistem Komputer OCR. Metode UNKP ini dianggap paling tepat diterapkan di Lapas dikarenakan metode ini lebih simple dibandingkan metode UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang membutuhkan Media PC/ Komputer sebagai media ujian.

Di akhir tinjauan yang didampingi oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan, Bapak Budi A. Situngkir, Komisi Ombudsman RI menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang telah dilaksanakan di Lapas terutama kegiatan Kejar Paket yang  telah dilaksanakan sampai tahap Ujian Nasional. Tinggal selangkah lagi bagi Warga Binaan untuk mendapatkan Ijazah penyetaraan Paket C Setara SMA yang diharapkan dapat menjadi bekal Warga Binaan setelah selesai menjalani masa pidana.

 

(TIM HUMAS LAPAS KELAS I MEDAN)

#pemasyarakatan
#pemasyarakatanpastismart #polsuspas #polsuspas_indonesia
#lapasklas1medan #lapas1medan #lapas1medanberadat #lagustabukankalengkaleng #lapasmedan
#lapastanjunggusta #lagusta #penjara #lapas #medan #pemasyarakatan
#bukankalengkaleng
  

OMBUDSMAN RI TINJAU UJIAN NASIONAL BAGI WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN LAPAS KELAS I MEDAN
Tagged on:                         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *