KUNJUNGI PENGADILAN TINGGI MEDAN, LAPAS KELAS I MEDAN “JEMPUT BOLA” TUNTASKAN OVERSTAYING

Medan, 10 Desember 2019 .. Kunjungi Pengadilan Tinggi Medan,  Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan lakukan tindakan “Jemput Bola” guna menekan angka overstaying di Lapas.  Kujungan ini  dilaksanakan sebagai langkah cepat Lapas sehubungan dengan target Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk mewujudkan “Zero Overstay” pada awal tahun 2020.  Overstay di Lapas/ Rutan ini merupakan hal serius yang harus ditangani, mengingat hal tersebut menimbulkan kerugian negara yang cukup besar, sehingga tekad Direktorat Jenderal Pemasyarakatan menyelesaikan masalah ini sangat diapresiasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Masalah overstay di Lapas Kelas I Medan sebagian besar diakibatkan karena belum diterimanya Salinan Putusan dari pengadilan. Hal tersebut mendorong Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan Bapak Frans Elias Nico berinisiatif melakukan gerakan cepat “jemput bola”  dengan mengunjungi Pengadilan Tinggi membicarakan masalah masalah yang dihadapi guna mempercepat dikirimnya salinan putusan tersebut. Mengingat Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan sebelumnya juga telah melakukan langkah administratif dengan menyurati  Pengadilan yang belum mengirimkan salinan putusan.  Disamping itu, Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan juga akan melakukan kegiatan serupa ke  Kejaksaan terkait dengan masalah putusan yang belum dieksekusi oleh Kejaksaan yang juga menjadi salah satu penyebab overstay di Lapas. 

Dengan kunjungan langsung seperti ini diharapkan koordinasi dengan instansi penegak hukum akan semakin baik sehingga masalah  overstay di Lapas akan cepat terselesaikan. Disamping itu kunjungan seperti ini juga diharapkan dapat memperkuat sinergi antar instansi penegak hukum sebagaimana amanat dari Rapat Koordinasi Mahkumjakpol ( Mahkamah Agung, Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan Agung dan Kepolisian) yang rutin dilaksanakan.

#pemasyarakatan
#pemasyarakatanpastismart #polsuspas #polsuspas_indonesia
#lapasklas1medan #lapas1medan #lapas1medanberadat #lagustabukankalengkaleng #lapasmedan
#lapastanjunggusta #lagusta #penjara #lapas #medan #pemasyarakatan #bukankalengkaleng

KUNJUNGI PENGADILAN TINGGI MEDAN, LAPAS KELAS I MEDAN “JEMPUT BOLA” TUNTASKAN OVERSTAYING

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *