PERINGATAN ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD 1442H/ 2021 M DAN KEGIATAN PENYERAHAN HADIAH PERLOMBAAN ADZAN DAN TAUSYIAH WARGA BINAAN LAPAS KELAS I MEDAN

Medan, 30 Maret 2021 .. Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan melaksanakan kegiatan peringatan Hari Besar Isra dan Mi’Raj Nabi Muhammad SAW tahun 1442H/ 2021 M di Masjid At-Taubah Lapas Kelas I Medan. Kegiatan dirangkaikan dengan penyerahan hadiah perlombaan Adzan dan Tausyiah antar warga binaan. 

Kegiatan yang sebelumnya telah dibuka langsung oleh Bapak Erwedi Supriyatno pada tanggal 15 Maret 2021 kemarin ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 15 s.d 17 Maret 2021. Kegiatan perlombaan Adzan diikuti oleh 40 Orang Warga Binaan, sedangkan untuk perlombaan tausyiah diikuti oleh 13 Orang Warga Binaan. Kegiatan perlombaan dinilai oleh dewan juri yang dipimpin oleh Bapak Sarga Utama Harahap, S.Pd.I selaku petugas pembina kerohanian dan 4 orang warga binaan yang berkompeten dan aktif mengajar pada kegiatan belajar mengajar di Masjid At-Taubah Lapas Kelas I Medan. 

Kegiatan peringatan Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran Oleh  Qari Nasional Bapak H. Ahmad Muhajir yang dilanjutkan oleh laporan ketua panitia Isra Mi’raj Ibu Peristiwa Sembiring. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kalapas Kelas I Medan Bapak Erwedi Supriyatno, Bc.IP, SH, MH yang dirangkaikan dengan penyerahan hadiah kepada pemenang perlombaan Adzan dan Tausiah.

Dalam sambutannya, Bapak Erwedi Supriyatno menegaskan agar kita selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan di dalam Lapas. Karena Lembaga Pemasyarakatan merupakan tempat yang ideal untuk berubah. Lapas merupakan tempat tepat  untuk menciptakan momentum perubahan dan melakukan instrospeksi diri. Karena di dalam lapas kita dapat fokus melakukan kegiatan kegiatan ibadah tanpa terganggu rutinitas lain yang biasa kita lakukan di luar.  Beliau juga menekankan agar kita senantiasa selalu menjaga kerukunan umat beragama untuk meminimalisir gesekan-gesekan yang  dapat memecah belah bangsa.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Al-Ustadz Dr. H. Sakhira Zandi. Dalam Tausyiahnya beliau berpesan agar menjadikan lapas sebagai tempat untuk belajar dan bermunajat kepada Allah SWT.  Seluruh Warga Binaan harus mampu membuktikan kepada masyarakat bahwa warga binaan dapat menjadi lebih bagi dari masyarakat di luar setelah melalui proses pembinaan yang dijalani.  Hal tersebut sekaligus mematahkan stigma masyarakat awam di luar yang selalu berprasangka buruk terhadap warga binaan dan pembinaan di dalam Lapas. Beliau juga menekankan pentingnya untuk meningkatkan keimanan, terutama saat menuju Bulan Suci Ramadhan. Kegiatan diakhiri dengan doa yang dibawakan langsung oleh Al-Ustadz Dr. H. Sakhira Zandi. Seluruh rangkain kegiatan berlangsung dengan aman dan baik.

TIM HUMAS LAGUSTA

PERINGATAN ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD 1442H/ 2021 M DAN KEGIATAN PENYERAHAN HADIAH PERLOMBAAN ADZAN DAN TAUSYIAH WARGA BINAAN LAPAS KELAS I MEDAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Instagram
WhatsApp