LAPAS KELAS I MEDAN LAKSANAKAN KEGIATAN  IBADAH TAHUN BARU TAMIL WASEPARPU WALTUKEL BAGI WARGA BINAAN YANG BERAGAMA HINDU

Tanjung Gusta, 14 April 2021 .. Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan melaksanakan kegiatan  Ibadah Tahun Baru Tamil Waseparpu Waltukel. Kegiatan yang dilaksanakan di Kuil Lapas Kelas I Medan ini diikuti oleh 19 orang warga binaan yang beragama Hindu.

Kegiatan dimulai dengan melantunkan Puja yang dibawakan oleh Pendeta Kali Dasen, dilanjutkan dengan pemandian Arca Dewa Dewi serta memberikan persembahan kepada Dewa Dewi. Beliau  menyampaikan bahwa persembahan yang diberikan merupakan bentuk rasa syukur atas apa yang telah diberikan Dewa dan Dewi kepada kita selama ini berupa iman, kesehatan, rezeki, keluarga, dan kita wajib untuk mensyukurinya.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan menjamin kebebasan seluruh warga binaan untuk menjalankan ibadah sesuai dengan Agamanya masing masing. Melalui kerja sama yang telah lama dijalin dengan Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara yang rutin mengutus Penyuluh  Keagamaan Hindu yang ditugaskan memberikan ceramah keagamaan kepada warga binaan. Selain itu, kerja sama juga dijalin dengan Kuil Sri Minaci Amman yang menjadi mitra Lapas Kelas I Medan menyediakan Pendeta untuk kegiatan pemandian Arca.

Dengan pengawasan oleh petugas pembina kerohanian dan dihadiri langsung oleh Kepala Seksi Bimbingan Kemasyarakatan, Bapak Sahat P. Sihombing, Amd.P, SH, kegiatan berlangsung dengan aman dan tertib. Dalam arahannya, beliau menyampaikan kepada warga binaan untuk terus meningkatkan kegiatan-kegiatan kerohanian dan tetap menjaga toleransi antar umat beragama. Beliau berpesan, bahwa salah satu faktor yang sangat mempengaruhi prilaku kita dalam berkehidupan adalah faktor pendidikan keagamaan. Sejatinya agama berisi aturan aturan dalam kehidupan yang menganjurkan untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan keburukan, sudah sepantasnya kita membentengi diri dengan pendidikan keagamaan melalui pembinaan kerohanian yang diberikan untuk mencegah kita kembali berbuat tindak pidana, imbuh beliau.

TIM HUMAS LAGUSTA

LAPAS KELAS I MEDAN LAKSANAKAN KEGIATAN IBADAH TAHUN BARU TAMIL WASEPARPU WALTUKEL BAGI WARGA BINAAN YANG BERAGAMA HINDU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *