KABID. PEMBINAAN NARAPIDANA KEMBALI BUKA KEGIATAN PELATIHAN MORALITAS BAGI WARGA BINAAN ADMISI ORIENTASI, PEJABAT  STRUKTURAL  SECARA BERGANTIAN SAMPAIKAN  HAK DAN KEWAJIBAN WARGA BINAAN SESUAI TUPOKSI

Tanjung Gusta, 06 Juli 2021 … Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan kembali melakukan kegiatan pelatihan moralitas bagi warga binaan yang sedang menjalani masa admisi orientasi. Kegiatan dibuka oleh Kabid. Pembinaan Narapidana Ibu Peristiwa Sembiring, SH, MH mewakili Kalapas.

Kegiatan moralitas merupakan salah satu kegiatan yang diberikan kepada warga binaan yang sedang menjalani masa admisi orientasi. Masa admisi orientasi sendiri merupakan program pembinaan berupa masa pengenalan lingkungan yang diberikan kepada warga binaan yang baru dikirim ke Lapas Kelas I Medan.

Kegiatan admisi orientasi sendiri telah rutin dilaksanakan di Lapas Kelas I Medan, dimana kegiatan ini dilaksanakan selama 1 bulan yang diisi dengan berbagai macam kegiatan diantaranya : Kegiatan Moralitas, Kegiatan Upacara Berbangsa dan Bernegara, Pelatihan Baris Berbaris, Olah Raga, Kegiatan Beribadah dan lain lain.  

Sedangkan Kegiatan Moralitas adalah salah satu kegiatan pembinaan kepribadian yang dikelola oleh Bidang Pembinaan Narapidana Khususnya Seksi Bimbingan Kemasyarakatan.  Dikomandoi langsung oleh Kabid. Pembinaan Narapidana, Ibu Peristiwa br. Sembiring, SH, MH . Kegiatan ini ditujukan khusus untuk  menanamkan moral, budi pekerti dan prilaku yang baik kepada warga binaan sejak dini.

Ibu Peristiwa Sembiring, SH, MH menyampaikan bahwa pembinaan kepribadian khususnya pembinaan moral dan budi pekerti merupakan faktor penting dari pembentukan karakter seseorang. Disinilah waktunya kita mereset ulang mindset, pola fikir warga binaan melalui pemahaman-pemahaman untuk berbudi pekerti luhur sejak dini sejak awal masa pidana.  Hal tersebut diharapkan dapat menjadi benteng agar mereka dapat terhindar dan tidak lagi melakukan hal hal yang berhubungan dengan tindak pidana kedepannya, imbuh Beliau.

Kegiatan Moralitas sendiri bekerja sama dengan Yayasan Pelatihan Moralitas Budi Pekerti Indonesia yang dipimpin oleh Ibu Erina Wongso. Beliau memahami begitu pentingnya kehadiran masyarakat  untuk membantu institusi pemasyarakatan membina narapidana. Hal tersebut beliau lakukan sebagai salah satu wujud rasa tanggung  jawab sebagai masyarakat untuk mengembalikan warga binaan kembali menjadi warga negara yang baik.

Pada kegiatan pelatihan moralitas ini, pejabat struktural dijadwalkan bergantian memberikan arahan, bimbingan, motivasi dan informasi mengenai hak dan kewajiban warga binaan sesuai dengan tupoksi yang diemban masing masing seksi/bidang.

Pada kegiatan pembukaan ini, Kabid. Administrasi Keamanan dan Keteriban, Bapak Suranta Sinuraya, SH mendapatkan giliran untuk memberikan arahan. Dalam arahannya Beliau menyampaikan mengenai Peraturan dan Tata Tertib di Lapas beserta Kewajiban dan Larangan Warga Binaan. Beliau menambahkan agar seluruh warga binaan selalu mematuhi peraturan yang berlaku.

TIM HUMAS LAGUSTA

KABID. PEMBINAAN NARAPIDANA KEMBALI BUKA KEGIATAN PELATIHAN MORALITAS BAGI WARGA BINAAN ADMISI ORIENTASI, PEJABAT STRUKTURAL SECARA BERGANTIAN SAMPAIKAN HAK DAN KEWAJIBAN WARGA BINAAN SESUAI TUPOKSI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *