LAPAS I MEDAN LAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI BAKTI PEMASYARAKATAN KE-58 SECARA VIRTUAL

MEDAN – Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan mengikuti Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-58 yang direlay secara Virtual dari Graha Pengayoman, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Jakarta, Rabu (27/04). Upacara ini, dipimpin oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly.

Upacara juga dihadiri Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Edward O.S. Hiariej, Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), Reynhard Silitonga, jajaran Pimpinan Tinggi Madya Kemenkumham, jajaran Pimpinan Tinggi Pratama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), hingga Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ditjenpas.

Selain itu, melalui sambungan virtual ikut hadir Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan, Maju A. Siburian dan Jajaran Lapas I Medan.

Di usia ke-58 ini, Menkumham berharap agar Pemasyarakatan semakin CERMAT, yaitu Cerdas membuat strategi; Evaluasi setiap kondisi dan kejadian; Rasional dalam pengambilan kebijakan; Mitigasi risiko; Akuntabel dan berintegritas; serta Transparan dan aspiratif melayani. Nilai CERMAT ini diharapkan dapat diimplementasikan di 682 satuan kerja Pemasyarakatan se-Indonesia dengan komitmen yang kuat.

Menkumham juga meminta agar kebijakan Pemasyarakatan selaras dengan percepatan pembangunan nasional khususnya di bidang hukum dan HAM. Sebagai bagian akhir dari “criminal justice system”, Pemasyarakatan diharapkan mampu menjadi muara akhir dari penanganan pelaku kejahatan, mulai dari perlindungan HAM sampai dengan pengelolaan barang sitaan. Membina warga binaan menjadi tenaga kerja terampil yang mampu menghasilkan pendapatan bagi dirinya dan keluarganya setelah selesai masa pidananya.

Tak kalah penting, Menkumham meminta agar Pemasyarakatan belajar dari pengalaman sebelumnya. Kejadian yang tak diinginkan di tahun sebelumnya harus dijadikan bahan evaluasi agar penyelenggaraan Pemasyarakatan lebih baik, efektif, dan efisien.

#UpacaraHBP58
#HBP58
#KumhamPASTI
#Ditjenpas
#Pemasyarakatan

LAPAS I MEDAN LAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI BAKTI PEMASYARAKATAN KE-58 SECARA VIRTUAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *