RIBUAN WARGA BINAAN PADATI LAPANGAN, KALAPAS I MEDAN KANWIL KEMENKUMHAM SUMUT SAMPAIKAN TIGA HAL

MEDAN – Lapangan olahraga dipadati ribuan Warga Binaan Lapas I Medan, Rabu Pagi (18/5). Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan, Maju Amintas Siburian dan Jajaran Pejabat Struktural Eselon III tampak hadir mendampingi Kalapas dalam kegiatan sosialisasi tentang pembangunan zona integritas kepada wargabinaan, pastikan hak-hak WBP terpenuhi, dan mengajak warga binaan menjaga keamanan, ketertiban, dan kesehatan.

Memulai sosialisasi, Kalapas dan jajaran semula duduk di meja dan bangku yang tidak terkena matahari menyampaikan, “karena saudara-saudara semua berkumpul di tengah lapangan, kami juga akan merasakan yang hal yang sama”, tegas Kalapas yang disambut tepuk tangan ribuan warga binaan.

“Saudara wargabinaan kami, Lapas Kelas I Medan diusulkan Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Artinya setiap pelayanan dan pembinaan yang dilaksanakan di Lapas Medan, merupakan bagian dari komitmen kami dalam Pembangunan Zona Integritas Bebas Korupsi dan tidak dipungut biaya alias gratis,” kata Maju kepada wargabinaan dalam sosialisasi.

Kalapas I Medan optimis, pembangunan zona integritas Lapas Medan berpredikat WBK dapat dicapai. Sebab, jajaran Lapas Medan telah menjalankan maklumat pelayanan bahwa, pimpinan dan seluruh staf sanggup dan siap menyelenggarakan pelayanan yang sudah ditetapkan.

“Hak-hak bapak dan abang-abang sekalian, saya pastikan dilakukan percepatan-percepatan, tidak akan ada lagi dipersulit,” sambung Kalapas.

Selain itu, Lapas I Medan dalam pelaksanaan kegiatan sosialiasai ini merupakan bagian dari rangkaian penegakan hukum yang bertujuan, agar warga binaan pemasyarakatan dapat menyadari kesalahannya. Memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima oleh masyarakat.

Selain itu, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas I Medan, Lamarta Surbakti juga memberikan sosialisasi dan arahan terkait Peraturan dan Tata Tertib di Lapas kepada wargabinaan. Selain itu, juga tentang pemberantasan telepon genggam, pungutan liar dan narkoba.

Mari, sama-sama kita jaga situasi Lapas Kelas I Medan yang aman dan kondusif”, Jelas Lamarta.  Ka. KPLP juga menyampaikan, “Bapak dan abang-abang sekalian yang rindu keluarga, mohon maaf dan tetap bersabar. Sampai saat ini belum bisa berkunjung secara langsung kepada keluarga,” sambung dia. Kunjungan langsung oleh keluarga wargabinaan tidak dapat dilakukan karena kondisi Pandemi Covid-19. Menurut dia, belum ada surat edaran terkait pembukaan layanan berkunjung bagi wargabinaan tetapi Lapas I Medan akan tetap memberikan fasilitasi Layanan Berkunjung Online melalui Video Call.
#lapas1medan

RIBUAN WARGA BINAAN PADATI LAPANGAN, KALAPAS I MEDAN KANWIL KEMENKUMHAM SUMUT SAMPAIKAN TIGA HAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *