REHABILITASI PENYALAHGUNA NARKOBA, KALAPAS MEDAN BERIKAN PENGARAHAN SAAT KEGIATAN TERAPI KELOMPOK

MEDAN – Program rehabilitasi sosial merupakan suatu kegiatan pembinaan yang bertujuan untuk membimbing narapidana mengembangkan sikap kemasyarakatan dan menanamkan sikap prososial, sehingga mereka nantinya dapat kembali ke masyarakat dan tidak mengulangi tindakan penyalahgunaan narkoba setelah bebas. Lapas I Medan bekerjasama dengan Yayasan mengadakan kegiatan Terapi Kelompok, Kamis Pagi (19/5).

Kalapas I Medan, turut hadir melakukan arahan dan bimbingan dalam kegiatan rehabilitasi didampingi Staf Perawatan, Meirida Rumahorbo, dalam arahannya menyampaikan,”semoga warga binaan yang mengikuti tetap semangat dalam mengikuti proses Rehabilitasi hingga selesai,” Jelas Kalapas Medan.

Sementara, Terapis dari Yayasan Medan Plus, Deni Sugara menjelaskan, “kegiatan terapi kelompok adalah bentuk psikoterapi di mana satu atau lebih terapis mengobati sekelompok kecil klien bersama-sama sebagai sebuah kelompok,” Jelas Deni.

“jadi kami bersama tim membuat games yang bertujuan untuk membangun kepribadian, kognitif, dan kerjasama tim, agar kiranya peserta WBP rehabilitasi mendapatkan penyegaran dan hiburan, Kegiatan ini juga berfungsi untuk melatih kekompakan sesama WBP yang mengikuti rehabilitasi, karena games dilakukan secara berkelompok,” Tambah Deni.

Salah satu warga binaan MG yang mengikuti kegiatan menyampaikan, “keseruan dan kebersamaan kami rasakan sesama pengguna narkoba yang ikut program rehab, selain bisa sharing dan juga bisa saling memberikan semangat dengan teman-teman lainnya, terimakasih kami buat Petugas Lapas dan terapis yang sudah memberikan games-games seru pada kami” Ungkap Warga Binaan.

Kegiatan Terapi (therapeutic community) merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pelayanan dan rehabilitasi penyalahguna narkoba. Adapun tujuan terapi kelompok itu sendiri diharapkan dapat mengatasi masalah penyalahgunaan narkoba dan kembali berinteraksi dengan masyarakat secara wajar.

#lapas1medan
#rehabilitasi

REHABILITASI PENYALAHGUNA NARKOBA, KALAPAS MEDAN BERIKAN PENGARAHAN SAAT KEGIATAN TERAPI KELOMPOK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *