PENUHI HAK WBP, KALAPAS I MEDAN HADIRI PENGUATAN UPT PERCONTOHAN LAYANAN KESEHATAN

DENPASAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) menggandeng United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) laksanakan penguatan kapasitas penyelenggaraan layanan kesehatan Pemasyarakatan. Kegiatan yang berlangsung mulai Selasa (26/7) hingga Jumat (29/7) di Bali ini diikuti Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan dan 39 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Percontohan Layanan Kesehatan yang tersebar di 33 Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk memastikan seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) memperoleh layanan kesehatan yang sesuai standar.

Sebelumnya, 40 UPT Pemasyarakatan percontohan ini telah ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan melalui Surat Keputusan Nomor: PAS-36.OT.01.03 Tahun 2021. Adapun 40 UPT Pemasyarakatan dimaksud terdiri dari Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara, dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak yang direkomendasikan oleh Kanwil Kemenkumham setempat.

Hadir mengikuti kegiatan penguatan percontohan tersebut, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan, Maju A. Siburian.

Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi, Muji Raharjo Drajat Santoso, mengungkapkan UPT Pemasyarakatan percontohan ini diharapkan menjadi pusat pembelajaran UPT Pemasyarakatan lainnya dengan mengusung semangat Corporate University. Untuk itu, dilaksanakan penguatan bagi UPT percontohan agar dapat melaksanakan optimalisasi layanan kesehatan.

“Tolong dimanfaatkan kesempatan ini dengan bersungguh-sungguh untuk memahami penyelenggaraan layanan kesehatan Pemasyarakatan. Layanan kesehatan sesuai standar yang nantinya Bapak/Ibu terapkan juga akan diimplementasikan di UPT Pemasyarakatan lainnya,” pesan Muji kepada peserta yang hadir.

#lapas1medan

PENUHI HAK WBP, KALAPAS I MEDAN HADIRI PENGUATAN UPT PERCONTOHAN LAYANAN KESEHATAN

Leave a Reply

Your email address will not be published.