WARGA BINAAN BUDDHA LAKSANAKAN SEMBAHYANG DEWA LANGIT THI KONG DI VIHARA BUDDHA SASANA LAPAS KELAS I MEDAN KANWIL KEMENKUMHAM SUMUT

Medan 09 Februari 2022 .. Warga Binaan Lapas Kelas I Medan yang beragama Budha laksanakan sembahyang Dewa Langit Thi Kong di Vihara Buddha Sasana Rabu. Kegiatan yang dilaksankan merupakan peringatan tanda terima kasih kepada Dewa Langit Thi Kong yang dirayakan pada tanggal 9 setelah imlek.

Menurut legenda masyarakat Tionghoa, Kaisar Langit adalah Dewa Tertinggi yang memimpin semua dewa-dewi serta makhluk-makhluk lainnya yang berada di Tiga Alam, yaitu Alam Surga, Alam Manusia dan Alam Neraka. Oleh karena itu, perayaan hari Kelahiran Kaisar Langit merupakan salah satu Tradisi terpenting yang dirayakan oleh Warga Tionghoa terutama yang berasal dari Hokkian (Fujian)

Diceritakan bahwa pada masa Dinasti Ming, Bajak Laut Jepang melakukan perampokan dan pembunuhan di daerah pesisir provinsi Fujian China. Saat itu bertepatan pada perayaan hari tahun baru Imlek, warga yang tinggal di sekitar pesisir tersebut kemudian berusaha melarikan diri ke tempat yang aman dari pencarian Bajak laut Jepang.

Namun Bajak Laut tersebut masih juga mengejar dan mencari keberadaan mereka. Pada saat ketakutan dan kekuatiran yang luar biasa, tiba-tiba mereka melihat sebidang kebun tebu yang sangat besar. Warga-warga pesisir Fujian tersebut kemudian menyembunyi di dalam kebun tebu yang akhirnya mereka semuanya selamat dari pengejaran Bajak Laut Jepang.

Tepat pada bulan 1 tanggal 9 kalender Imlek, warga pesisir Fujian ini keluar dari tempat penyembunyiannya yaitu Kebun Tebu. Mereka bersyukur dan menyakini bahwa mereka dapat selamat dari pengejaran ini berkat adanya penolongan dari Kaisar Langit (Thi Kong)

Kegiatan yang berlangsung Khidmat ini dihadiri langsung oleh Kasi. Bimbingan Kemasyarakatan Bapak Sahat Sihombing Amd.P, SH dan petugas pengelola pembinaan kerohanian Ibu Yuniarti Purba, S.Kom yang ditugaskan melakukan pembinaan kerohanian Budha di Lapas.

Dalam sambutannya, Bapak Sahat M. Sihombing menyampaikan kepada warga binaan yang melaksanakan ibadah sembahyang Dewa Langit Thi Kong untuk tetap terus menjaga kerukunan antar umat beragama. Tetap hidup indah dalam indahnya toleransi dan keberagaman. Beliau mengatakan lebih lanjut, Negara khususnya Lapas Kelas I Medan sangat menjamin kemerdekaan seluruh warga negara untuk beribadah sesuai dengan kepercayaannya masing-masing, tutup Beliau.

TIM HUMAS LAGUSTA

WARGA BINAAN BUDDHA LAKSANAKAN SEMBAHYANG DEWA LANGIT THI KONG DI VIHARA BUDDHA SASANA LAPAS KELAS I MEDAN KANWIL KEMENKUMHAM SUMUT

Leave a Reply

Your email address will not be published.