LAPAS KELAS I MEDAN LAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN NASIONAL

Medan – Hari Pahlawan di Indonesia, berawal dari pertempuran antara pasukan Indonesia melawan pasukan Inggris, yang terjadi di Surabaya pada tanggal 27 Oktober sampai 20 November 1945. Meskipun sudah memproklamasikan kemerdekaan, situasi pemerintahan Indonesia pada saat itu masih belum stabil, ditambah lagi dengan kekalahan yang dialami pasukan Jepang pada perang dunia ke II, membuat pasukan Inggris datang kembali ke Indonesia, dan bekerjasama dengan Belanda untuk secara diam-diam mengambil alih kembali pemerintahan Indonesia. Tak tinggal diam, pasukan Indonesia, dibawah komandi Bung Tomo, melakukan aksi gencatan senjata, dan memukul mundur tentara Inggris dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Peristiwa tersebut kemudian menjadi sejarah singkat Hari Pahlawan. Presiden Soekarno kemudian mengeluarkan Keppres Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur, yang salah satunya menetapkan tanggal 10 November menjadi Hari Pahlawan Nasional.

Merujuk pada hal tersebut diatas, Lapas Kelas I Medan, turut serta dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional Ke-77 Tahun 2022. Mengusung Tema “Pahlawanku Teladanku”, upacara berlangsung dengan khidmat. Kalapas Kelas I Medan, bertindak sebagai Inspektur Upacara, membacakan Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia. Dalam amanat yang disampaikan, ada beberapa hal yang menjadi poin penting yang disampaikan pada peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2022. Salah satunya adalah, menjadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai–nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama.

Selamat Hari Pahlawan Nasional ke – 77 Tahun 2022, Pahlawanku Teladanku.

Tim Humas Lagusta (ys)

LAPAS KELAS I MEDAN LAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN NASIONAL

Leave a Reply

Your email address will not be published.